News

5 Ide Bisnis Makanan Korea yang Menjanjikan di Indonesia 2023

Setelah sebelumnya kita membahas tentang periode keajaiban ekonomi Korsel di Sungai Han, kini kita akan membahas lebih lanjut tentang budaya Korsel terutama makanan-makanannya yang sedang populer di kalangan anak muda dan mengapa kamu harus berbisnis korean street food di Indonesia. (contekan: demandnya sangat tinggi)

Banyak sekali orang-orang yang berkeinginan untuk pergi ke negeri ginseng tersebut dan merasakan sensasi berada di Korea Selatan, yang menjadi pionir untuk hiburan, teknologi, dan makanan. Sekarang, dengan semakin berkembangnya zaman, kamu tidak perlu lagi ke Korsel untuk mencicipi makanannya atau budayanya.

Kecanggihan teknologi memungkinkan kita untuk membuat sendiri resep masakan Korea yang memiliki ciri khas pedas, gurih, dan manis. Tapi, selain memasak makanan Korea, kamu juga bisa lho memasarkan makanan korea tersebut dan berjualan, atau singkatnya membuka bisnis makanan korea di tempatmu.

Bagaimana caranya? Yuk simak bersama mintor di artikel ini sampai habis ya. Tapi, kalau kamu mau ide bisnis lainnya bisa cek Ide Bisnis Menjelang Perayaan Imlek.

Baca juga: 7 Strategi Terbukti Meningkatkan Penjualan UMKM

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Makanan Korea di Indonesia?

Cara memulai bisnis makanan Korea di Indonesia sebenarnya sangat mudah, kehadiran teknologi memungkinkan kita untuk menemukan berbagai macam resep makanan korea yang sedang hits atau populer. Kita tinggal cari saja kata kunci seperti resep Kimbap atau resep Kimchi, pasti akan muncul cara-cara memasaknya.

Nah, yang menjadi permasalahan adalah bagaimana caranya mengkomersialisasikan makanan korea tersebut? Pertama adalah menentukan target pasar kamu dan menyesuaikannya dengan lokasi, tapi jika memang belum pernah ada yang mencoba berjualan hal seperti ini sebelumnya, kamu bisa coba untuk menembus pasar baru.

Alasan besar kenapa makanan Korea bisa sangat populer di Indonesia adalah karena kehadiran drama korea (Drakor) yang sudah menjamur di tanah air, dan banyak dari cuplikan adegan di drama tersebut mengandung makanan-makanan asli dari Korea yang menggugah selera para penontonnya.

Ada yang bahkan setelah menonton tersebut, mereka langsung mencobanya di Restoran Korea atau membuat sendiri, dan sangat cocok atau sesuai dengan selera. Jadi mereka yang awalnya menyukai drama korea tersebut mungkin berpikir bahwa selera rasa makanan korea mungkin juga cocok bagi lidah masyarakat Indonesia. Tapi, harus ditentukan target pasarnya terlebih dahulu.

Baca juga: 7 Perusahaan Tertua di Dunia yang Masih Beroperasi

Sekarang, kalau kamu sodorkan makanan korea ke orang tua kamu yang misalnya sudah berlanjut usia, bisa jadi mereka tidak akan menyukai masakan korea, karena mereka tidak pernah mencobanya, tidak tahu menahu tentang masakan tersebut, dan ciri khas makanannya yang mengandung banyak garam (gurih), manis, serta pedas.

Tapi, kenyataannya saat ini makanan korea sangat populer di kalangan anak muda. Oleh karena itu, target pasar kamu haruslah anak muda, karena rata-rata dari mereka setidaknya mengenal Korsel dari satu dan lain hal, mulai dari industri hiburannya yang sudah menjamur dari artis serta penyanyi asal Korsel.

Setelah kita tahu bahwa target pasar orang yang menyukai makanan korea adalah anak muda, selanjutnya adalah menentukan lokasi. Well, kalau yang ini sebenarnya sepintar-pintarnya kamu dalam menemukan lokasi yang strategis dan menjangkau banyak pemuda-pemudi. Karena kan premis awal dari artikel ini kita akan membuka bisnis makanan korea berbasis street food. Kalau kamu mau buka berbentuk restoran langsung, cara memulainya tentu saja beda, dari mulai modal hingga perencanaan.

Setelah menentukan lokasi, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa modal untuk membangun gerobak atau semacam stand untuk berjualan. Dari sini prosesnya sebenarnya cukup panjang dan memakan waktu, tapi di sela-sela itu, kamu bisa memantapkan resep makanan korea kamu agar lebih mudah diterima oleh lidah masyarakat Indonesia. Misalnya, dengan mengkombinasikan rempah-rempah yang biasa digunakan masyarakat Indonesia ke makanan Korea kamu.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Bisnis Starbucks Gagal di Australia

Ide Bisnis Makanan Korea Terpopuler di Tahun 2023 (Dijamin Cuan)

Mintor menganalisis ada 5 makanan korea yang paling populer dan sering dicari di mesin pencari, oleh karena itu ini sangat cocok untuk dijadikan bisnis karena demandnya tentu sangat tinggi. Berikut ini dia 5 ide bisnis makanan korea di Indonesia:

1. Tteokbokki

Tteokbokki (atau dibaca Topokki) adalah sebuah makanan yang mengandung nasi yang sudah difermentasikan atau dijadikan tepung beras dan disajikan ke dalam di dalam saus yang pedas (saus Gochujang). Kamu bisa masak Topokki dengan cara memasak tepung beras tersebut dengan cara digoreng bersamaan dengan saus Gochujang yang terdiri dari cabai merah dan beberapa bumbu. Sesuaikan saja resepnya hingga kamu merasa bahwa makanan tersebut adalah makanan terenak yang kamu makan dan bisa diterima oleh lidah banyak masyarakat di Indonesia sebelum dijadikan bisnis.

2. Bibimbap

Bibimbap adalah hidangan populer di Korsel yang mengandung nasi, mix sayur-sayuran, telur, dan daging. Bibimbap ini mirip dengan Rice Bowl ala Jepang. Jadi, kamu cara memasaknya kamu memasak nasi, mencampurkannya dengan semua bahan-bahan yang tertera.

Bibimbap ini sangat cocok sekali untuk dijadikan ide bisnis makanan Korea karena tentu saja alasan pertamanya adalah masyarakat Indonesia gemar sekali memakan nasi. Apalagi nasi kotak, nah bentukan Rice Bowl dan turunannya ini asal Korea yang kita kenal Bibimbap biasanya sangat pas dengan lidah masyarakat Indonesia.

3. Sate ala Korea

Pernahkah kamu melihat video di kanal YouTube yang memperlihatkan street food asal Korsel berbentuk sate? Nah, ada banyak sekali sate yang disajikan di Korsel, mulai dari sate ayam, sate sapi, sate babi, dan masih banyak lagi. Karakteristiknya adalah sate ala Korsel ini memiliki daging yang besar, tapi dicampur juga dengan sayur-sayuran yang khas dipakai di street food Korsel seperti Daun Perilla dan Lobak. Cari saja video-videonya, karena bentuk sate ini paling mudah untuk dijalankan dan ditiru resepnya.

4. Kimbap

Kimbap adalah makanan korea yang mirip dengan Sushi. Jadi, ada nasi, sayuran, daging, telur, atau bahan dan bumbu lainnya yang dijadikan satu kemudian digulung menggunakan rumput laut kering. Untuk membuat cita rasa menjadi semakin enak, kamu bisa membuat saus unik ala kamu sendiri untuk dicocol Kimbap. Soalnya kan kita sudah seringkali melihat jajanan di jalan yang menjual makanan Jepang seperti Sushi, kini sudah saatnya kamu buka bisnis jajanan makanan korea seperti Kimbap ini.

5. Ayam Goreng Korea

Jujur aja, mintor pertama kali mencicipi Ayam Goreng Korea ini rasanya sangat enak, campuran manis dari kecap khasnya dan ditaburi dengan wijen menjadi sensasi makanan yang sangat terasa di lidah. Beda banget dengan ayam goreng dari gerai fast food seperti KFC dan McD. Resepnya mungkin mirip-mirip dengan ayam goreng krispi, tapi bedanya adalah rasanya ayam goreng korea ini cukup manis dan gurih, kalau mintor cari bumbu-bumbunya ada cukup banyak seperti wijen, kecap manis, kecap asin, dan mix seasonings bumbu.


Jika kamu membutuhkan jasa eCommerce Enabler untuk menjual produk kamu di berbagai macam platform eCommerce di Indonesia seperti Tokopedia dan Shopee, kamu bisa gunakan jasa dari STORE2GO, solusi end-to-end untuk bisnis yang ingin mengembangkan usahanya di marketplace.