Business & Economics

Jelaskan Peran Media Sosial untuk Bisnis Online

10 Jan 2023

Jelaskan Peran Media Sosial untuk Bisnis Online

Berbicara mengenai media sosial memang tidak akan pernah ada habisnya. Dalam dunia digital marketing, media sosial membawakan peran penting untuk meningkatkan branding hingga ke penjualan. Sekarang, banyak sekali perusahaan yang setidaknya memiliki akun media sosial untuk branding atau keperluan perusahaan lainnya. Namun, apa peran sebenarnya media sosial dalam bisnis online? Kita akan bahas lebih lengkap pada kesempatan ini.

Media sosial adalah sebuah alat komunikasi yang memungkinkan kita terhubung secara online (jarak jauh) dengan orang lain, atau bisa juga sebagai alat komunikasi untuk berinteraksi dengan konsumen dan membagikan informasi secara real-time.

Sebuah bisnis online dapat menggunakan media sosial untuk:

  • Mendapatkan konsumen
  • Meningkatkan branding
  • Menjual atau mempromosikan produk dan jasa.

Ada banyak platform media sosial yang ada sekarang ini, mulai dari Facebook, Instagram, LinkedIn, YouTube, TikTok, dan masih banyak lagi. Hampir semua platform media sosial dapat kamu gunakan untuk keperluan bisnis online karena manfaat yang diperoleh sangat banyak sekali. Inilah pentingnya digitalisasi untuk bisnis dan semua lini industri.

Dan tentu saja kita mengetahui bahwa saat ini banyak sekali orang yang berjualan di eCommerce, dan banyak juga di antara brand yang menggunakan alat seperti media sosial untuk boost penjualan mereka di platform marketplace tersebut.

Peran media sosial untuk bisnis online

Media sosial sebagai alat komunikasi dapat membantu kamu untuk mengembangkan bisnis online dengan cara berinteraksi, membagikan informasi, hingga menjual produk atau jasa kamu. Bahkan tidak hanya itu saja, media sosial mempunyai kelebihan lainnya seperti pengiklanan, promosi website dan aplikasi, sampai dengan giveaway. Bisnis juga bisa memanfaatkan media sosial untuk membagikan aktivitas yang terjadi di perusahaan atau kehidupan di perusahaan seperti Gojek dengan instagram khususnya (@lifeatgojek).

Baca juga: Mengenal Lebih Lengkap Tentang eCommerce Enabler

Media sosial dapat membantu bisnis kamu untuk:

  • Mendapatkan konsumen, mendapatkan feedback, dan membangun loyalitas konsumen dengan memberikan informasipromosi ataupun poin rewards.
  • Memperluas market reach atau jangkauan pasar, karena media sosial adalah platform universal yang siapa saja dapat mendaftar dari kota ataupun negara lain. Bahkan, bisnis online kamu bisa expect untuk mendapatkan konsumen atau klien dari luar negeri.
  • Media sosial membantu para pebisnis untuk melakukan riset pasar atau market research.
  • Meningkatkan pendapatan dengan cara menjual atau promosi baik itu melalui pengiklanan ataupun secara organik. Atau bisnis online juga bisa memanfaatkan fitur online selling di platformnya secara langsung seperti IG Shop, TikTok Shop, FB Marketplace, dll.
  • Melihat strategi kompetitor
  • Mendapatkan talenta berkualitas melalui platform media sosial khusus profesional seperti LinkedIn.

Dari sini saja kita sudah bisa melihat peran positif media sosial untuk perkembangan bisnis online, jadi sangat disayangkan atau rugi apabila bisnis kamu tidak menggunakan media sosial untuk meningkatkan presensi brand dan meningkatkan penjualan bisnis online.

Kamu bisa menyusun strategi media sosial untuk bisnis online kamu supaya bisa menghasilkan output yang maksimal. Karena apabila bisnis menjalankan kampanye media sosial atau fokus dalam mengembangkan presensi digitalnya tanpa perencanaan yang matang, maka bisa jadi malah terjadi boncos atau kekurangan lainnya seperti:

  • Meningkatnya feedback negatif atau yang mengancam eksistensi bisnis
  • Media sosial juga harus difokuskan dengan matang karena hasilnya langsung terlihat, sehingga memerlukan monitor harian.

Baca juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja dan Bisnis

Berbagai macam media sosial yang dapat kamu gunakan untuk bisnis

Ada berbagai macam platform media sosial dan tipe-tipenya. Berikut ini adalah media sosial yang dapat kamu manfaatkan untuk bisnis online:

  • Micro-blog: Twitter dan Tumblr.
  • Komunitas: Reddit dan Facebook Group.
  • Jejaring Sosial: Facebook, Instagram, Pinterest.
  • Video: YouTube, Vimeo, Vidio, TikTok.
  • Profesional & Job Networking: LinkedIn.

Itu dia peran media sosial untuk bisnis online dan apa saja media sosial yang dapat kamu gunakan untuk bisnis online kamu.