Berbicara mengenai media sosial memang tidak akan pernah ada habisnya. Dalam dunia digital marketing, media sosial membawakan peran penting untuk meningkatkan branding hingga ke penjualan. Sekarang, banyak sekali perusahaan yang setidaknya memiliki akun media sosial untuk branding atau keperluan perusahaan lainnya. Namun, apa peran sebenarnya media sosial dalam bisnis online? Kita akan bahas lebih lengkap pada kesempatan ini.
Media sosial adalah sebuah alat komunikasi yang memungkinkan kita terhubung secara online (jarak jauh) dengan orang lain, atau bisa juga sebagai alat komunikasi untuk berinteraksi dengan konsumen dan membagikan informasi secara real-time.
Sebuah bisnis online dapat menggunakan media sosial untuk:
Ada banyak platform media sosial yang ada sekarang ini, mulai dari Facebook, Instagram, LinkedIn, YouTube, TikTok, dan masih banyak lagi. Hampir semua platform media sosial dapat kamu gunakan untuk keperluan bisnis online karena manfaat yang diperoleh sangat banyak sekali. Inilah pentingnya digitalisasi untuk bisnis dan semua lini industri.
Dan tentu saja kita mengetahui bahwa saat ini banyak sekali orang yang berjualan di eCommerce, dan banyak juga di antara brand yang menggunakan alat seperti media sosial untuk boost penjualan mereka di platform marketplace tersebut.
Media sosial sebagai alat komunikasi dapat membantu kamu untuk mengembangkan bisnis online dengan cara berinteraksi, membagikan informasi, hingga menjual produk atau jasa kamu. Bahkan tidak hanya itu saja, media sosial mempunyai kelebihan lainnya seperti pengiklanan, promosi website dan aplikasi, sampai dengan giveaway. Bisnis juga bisa memanfaatkan media sosial untuk membagikan aktivitas yang terjadi di perusahaan atau kehidupan di perusahaan seperti Gojek dengan instagram khususnya (@lifeatgojek).
Baca juga: Mengenal Lebih Lengkap Tentang eCommerce Enabler
Media sosial dapat membantu bisnis kamu untuk:
Dari sini saja kita sudah bisa melihat peran positif media sosial untuk perkembangan bisnis online, jadi sangat disayangkan atau rugi apabila bisnis kamu tidak menggunakan media sosial untuk meningkatkan presensi brand dan meningkatkan penjualan bisnis online.
Kamu bisa menyusun strategi media sosial untuk bisnis online kamu supaya bisa menghasilkan output yang maksimal. Karena apabila bisnis menjalankan kampanye media sosial atau fokus dalam mengembangkan presensi digitalnya tanpa perencanaan yang matang, maka bisa jadi malah terjadi boncos atau kekurangan lainnya seperti:
Baca juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja dan Bisnis
Ada berbagai macam platform media sosial dan tipe-tipenya. Berikut ini adalah media sosial yang dapat kamu manfaatkan untuk bisnis online:
Itu dia peran media sosial untuk bisnis online dan apa saja media sosial yang dapat kamu gunakan untuk bisnis online kamu.