Setiap perusahaan di dunia ini pastinya memiliki logo, tapi yang menjadi pertanyaan adalah berapa sebenarnya harga pembuatan logo? Di internet kamu akan menemukannya mungkin dengan harga yang murah, tapi ternyata perusahaan rela membayar ratusan miliar rupiah hanya untuk branding logo saja. Ini adalah 5 logo termahal di dunia yang wajib kamu ketahui.
Baca juga: Apa Perbedaan Antara Direktur dan Komisaris?
Siapa di sini yang tidak mengenal British Petroleum? Orang-orang di daerah Jabodetabek pasti sudah mengenalnya. British Petroleum atau lebih dikenal dengan BP adalah perusahaan multinasional berbasis di London yang menjadi “pemain utama” dalam perdagangan BBM dan gas.
Logo uniknya yang berwarna hijau itu ternyata hasil rebranding BP pasca merger dengan Amoco. Dari logo bertuliskan BP dalam bentuk perisai menjadi BP dengan logo seperti bunga matahari, proses rebranding ini memakan biaya hingga $7 juta USD. Namun, logo BP kembali melakukan rebranding pada tahun 2008 dan memakan biaya hingga $211 juta USD atau lebih dari 3 triliun rupiah!
Menurut Stock Logos, logo ini dikerjakan oleh advertising agency Ogilvy & Mather dengan nilai tekan kontrak senilai lebih dari 3 triliun rupiah dan berkomitmen dalam menjaga image perusahaan sebagai perusahaan yang konsisten dalam menetapkan tujuan jangka panjangnya yakni “eco-friendliness”.
Logo yang mirip dengan bunga matahari dan tanda Helios—simbol Dewa Matahari Yunani—itu memiliki warna kontras gradasi, dari hijau hingga kuning. Menurut BP, logo ini menyampaikan pesan bahwa perusahaan BP fokus pada eco-friendly dan merefleksikan usaha dalam mengurangi jejak karbon.
Baca juga: 9 Tools Alternatif ChatGPT untuk Penulisan Konten
Accenture adalah perusahaan konsultasi teknologi yang tadinya merupakan bagian dari firma akuntan Arthur Andersen. Namun, karena banyaknya permasalahan internal membuat Accenture kemudian berpisah dari Arthur Andersen dan menjadi perusahaan mandiri.
Dari sinilah kiprah Accenture dimulai sebagai salah satu perusahaan konsultan teknologi ternama yang bahkan mencaplok 91 perusahaan terbesar dalam Fortune 100 (Forbes) sebagai kliennya. Itu artinya, lebih dari 90% perusahaan bessar menggunakan jasa Accenture.
Tentu saja, karena kiprah dan pendapatannya yang besar ini, Accenture rela menggelontorkan dana hingga 100 juta USD atau setara dengan Rp 1,5 triliun untuk melakukan rebranding, termasuk menambahkan “aksen” dan tanda di logonya.
Baca juga: 6 Cara Agar Perusahaan Terhindar dari Serangan Malware
Kali ini datang dari industri logistik bernama Posten Norge. Posten Norge adalah perusahaan postal service asal Norwegia yang melakukan rebranding penuh pada tahun 2008. Posten Norge bahkan dalam pernyataan keuangannya menyatakan bahwa proses rebranding yang termasuk mengubah logo tersebut menghabiskan dana sebesar 300 ribu kroner Norwegia atau setara dengan $55 juta USD.
Logo terbaru dari Posten Norge terlihat lebih menarik dan modern. Dengan penandaan huruf semuanya huruf lowercase dan ikon logo yang berbentuk bola merepresentasikan jangkauan Posten Norge secara global.
Baca juga: 7 Strategi Marketing di TikTok untuk Menghasilkan Penjualan
BBC atau kepanjangan dari British Broadcasting Company adalah sebuah perusahaan media asal Inggris yang telah menjadi sumber utama bagi orang-orang Inggris untuk mencari informasi atau sumber yang kredibel.
BBC membayar 1,8 juta USD atau lebih dari 18 miliar rupiah untuk membayar logo berbasis blok yang diisi tulisan sederhana.
Padahal, kalau kita lihat, logo rebranding BBC tidak berbeda jauh antara sebelumnya. Yang berbeda kini logo tersebut terlihat lebih modern dan tulisan di dalam kotaknya diperkecil sehingga ada kesan elegan.
Citibank melakukan reformasi besar-besaran, bahkan skema reformasi tersebut sudah dianggarkan sebesar 10 juta USD. Yang mana 1,5 juta USD di antaranya adalah untuk rebranding dan sisanya untuk campaign marketing.
Logo Citibank dikerjakan oleh firma desainer ternama yang bernama Pentagram. Hasil 1,5 juta USD memang bisa dibilang sangat menggambarkan kekuatan perusahaan Citibank sebagai perusahaan bank yang terpercaya dan aman.
Ada kisah unik di balik rebranding logo Citibank. Desainer logo tersebut, Paula Scher pertama kali menggambar sketsa logo tersebut pada sebuah lap. Awalnya, Citibank tidak ingin membayar mahal logo yang dibuatnya, tapi kemudian Citibank sepakat dan mengadopsi logo barunya sekarang.