Business & Economics

Strategi yang Cocok Untuk Jualan di Akhir Tahun

20 Dec 2022

2022 sudah tinggal 1 bulan lagi. Sudah sampai mana target penjualanmu?

Perayaan akhir tahun ibarat pagelaran diskon besar-besaran bagi konsumen. Berbagai hari penting berada di akhir tahun, seperti Harbolnas, Natal, Tahun Baru, dan lain-lain. Untuk menyemarakkan hari-hari tersebut, para entrepreneur berlomba-lomba mempersiapkan banyak hal untuk menyambut akhir tahun. Lalu, apa nih yang sudah #SellerCerdik siapkan?

Langkah paling awal yang perlu #SellerCerdik lakukan adalah melakukan riset pasar sebelum benar-benar turun menjalankan rencana penjualan akhir tahun. Kamu bisa mulai memperhatikan tren-tren apa saja yang sedang viral di Indonesia. Selain itu, kamu juga harus memiliki strategi promosi yang efektif untuk meningkatkan penjualan akhir tahun.

Berikut strategi promosi akhir tahun yang dapat kamu gunakan.

1. Optimalkan eCommerce-mu dengan Mobile Device-Friendly

Masyarakat Indonesia kini sudah mulai beralih berbelanja online untuk setiap keperluan sehari-hari. Mulai dari kebutuhan fashion hingga kebutuhan dapur semua bisa didapatkan dengan cepat hanya menggunakan smartphone.

Dengan terus berlimpahnya pasar eCommerce di Indonesia, #SellerCerdik harus memanfaatkan momen ini untuk mengoptimalkan eCommerce milikmu sehingga kamu dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Hal ini juga dapat kamu manfaatkan untuk promosi penjualan akhir tahun.


2. Pilih Digital Channel yang Tepat

Kamu bisa melakukan kampanye iklan mengenai produk yang ingin kamu tawarkan secara online untuk meningkatkan brand awareness sekaligus mendulang potential buyer. Ada banyak platform yang dapat kamu gunakan untuk promosi akhir tahun, seperti email marketing, Google AdSense, social media contohnya Twitter, Facebook, Pinterest, Instagram, dan lain-lain hingga melalui content marketing via soft selling.

3. Berikan Promo Menarik

Tidak ada satu orangpun yang tidak suka promo. Begitu pula diskon-diskon event besar saat liburan akhir tahun. Untuk meningkatkan penjualan akhir tahun, #SellerCerdik dapat memberikan diskon yang sesuai sebagai pilihan promosi yang efektif.

Meskipun harga jual menurun, tetapi volume penjualan produk akan meningkat. Volume penjualan yang lebih meningkat dengan menggunakan cara diskon tetap akan meningkatkan keuntungan.

Diskon dapat dilakukan bersama dengan kampanye iklan promosi. Kamu dapat mengoptimalkan semua eCommerce milikmu untuk menyampaikan informasi mengenai diskon akhir tahun yang akan tokomu buat.

4. Buatlah Event Akhir Tahun

Walaupun sudah sering dilakukan dan termasuk cara paling klasik, membuat event akhir tahun tetaplah strategi penjualan yang efektif. Akhir tahun dengan segala acaranya, membuat masyarakat tetap akan melakukan berbagai transaksi sehingga cara ini masih ampuh dalam mengatasi penjualan.

Tidak hanya sebagai sarana penyelenggaraan promo, event akhir tahun juga merupakan kegiatan yang efektif dalam membangun ikatan emosional antara brand-mu dengan pembeli.

Kamu harus melakukan event akhir tahun dengan terencana. Konsepnya harus disesuaikan dengan target pasar karena keberhasilan event akhir tahun didukung dengan perencanaan yang matang.

Berikut ini Tips Strategi Promosi di Event Akhir Tahun Terbaik versi STORE2GO

  • Paket bundling. Jika kamu ingin memaksimalkan penjualan, cobalah trik diskon paket bundling. Hanya dengan memberikan diskon khusus pada pembelian jumlah tertentu atau menggabung beberapa produk, kamu dapat mendorong pelanggan untuk membeli lebih banyak produkmu. Misalnya kamu bisa memberikan diskon sekian persen kepada pelanggan untuk produk yang merupakan barang komplementer, contohnya baju dan celana, produk-produk skincare rutin, dan barang-barang lain yang saling melengkapi.

  • Diskon volume. Mirip dengan diskon paket bundling, diskon volume juga memberikan promo jika konsumen membeli produk pada jumlah tertentu. Bedanya, produk yang dibeli untuk diskon volume dibebaskan sesuai keinginan pembeli. Contohnya konsumen akan mendapatkan diskon sebesar 40% jika membeli produk sebanyak tiga produk terlebih dulu. Tujuan dari trik ini pun sama dengan diskon paket bundling. Kamu dapat segera menghabiskan stok produk sehingga dapat mendorong kuantitas penjualan.
  • Voucher diskon. Biasanya konsumen bisa mendapatkan voucher diskon dari beberapa hal, seperti eCommerce, quiz, dan media sosial. Kamu dapat menyebar voucher diskon kepada para pelanggan yang pernah mengunjungi tokomu. Namun, perhatikan database agar kamu tahu siapa saja pelanggan tetapmu.
  • Flash sale. Dengan flash sale, kamu memberikan penawaran produk dengan harga lebih rendah, tetapi dalam jumlah yang sangat terbatas. Flash sale cocok untukmu yang mempunyai keterbatasan biaya untuk pengadaan diskon. Kamu dapat memilih periode flash sale sesuka hatimu, bisa dalam hitungan jam hingga hari.
  • Cuci gudang. Sudahkah kamu memperhatikan kembali stok barang di gudang seberapa banyak? Jika masih banyak dan belum mencapai omzet yang diinginkan, saatnya mengeluarkan stok produk tersebut di event akhir tahun dalam bentuk cuci gudang. Kamu bisa menjual produk-produk dengan harga miring. Penjualan ini dilakukan untuk menghabiskan stok produk yang masih tersimpan dengan tujuan agar dapat meminimalisir kerugian.
  • Gratis ongkos kirim. Gratis ongkir merupakan diskon yang paling digemari konsumen. Bahkan gratis ongkir memberikan keuntungan tersendiri bagi #SellerCerdik, yaitu tidak usah menurunkan harga produk. Gratis ongkir akan menggaet banyak konsumen apalagi untuk mereka yang berencana membeli barang dengan jumlah yang banyak. Maka dari itu, sebelum menjalankan trik ini kamu sudah harus memperhitungkan setiap ongkos kirim yang harus kamu bayar nantinya ke setiap kota dengan ukuran tertentu.
  • Hadiah atau Freebies. Bagi fans K-pop tentu sudah tidak asing dengan istilah ini. Biasanya freebies diberikan sebagai hadiah saat orang-orang berbelanja melalui online shop atau juga dapat diberikan secara gratis saat konser idol K-pop. #SellerCerdik dapat menggunakan trik ini dengan menyediakan hadiah-hadiah kecil dalam setiap penjualan sehingga dapat meningkatkan loyalitas konsumen.


5. Percayakan Strategi Penjualan Akhir Tahunmu bersama STORE2GO

Mengoptimasi eCommerce pada mobile device merupakan salah satu strategi yang dapat meningkatkan penjualan secara signifikan. Jika #SellerCerdik sudah menggunakan toko online untuk bisnismu, kamu disarankan untuk membuat toko online yang kompatibel bagi perangkat mobile sehingga konsumen dapat mengakses *website-*mu dari manapun dan kapanpun.

Namun, jika kamu belum memiliki toko online yang mumpuni, kamu bisa mengandalkan Omnichannel Platform terpercaya seperti STORE2GO. Fitur Social Commerce dari STORE2GO dapat memberikan toko online dengan instan untuk bisnismu. Kamu akan mendapatkan toko online yang sudah terintegrasi secara otomatis dengan sistem pembayaran dan pengiriman.

Kamu juga dapat melakukan sinkronisasi produk, pesanan, dan stok secara real-time di berbagai marketplace tokomu dalam satu dashboard dengan fitur Integrasi Marketplace dari STORE2GO. Dengan fitur ini, #SellerCerdik dapat dimudahkan dalam mengelola toko secara akurat dan efisien.

Selain itu, #SellerCerdik yang kebingungan mengenai keterbatasan tempat penyimpanan bagi bisnismu, kamu dapat mempercayakan fitur eCommerce Fulfilment dari STORE2GO. Tidak hanya menyimpan produk, STORE2GO juga memastikan kelancaran proses pemesanan, pengemasan, hingga pengiriman.

Bersama STORE2GO, capai target akhir tahunmu dengan strategi marketing ulung untuk target penjualan penuh untung!