News

Strategi yang Cocok Untuk Jualan di Akhir Tahun

2022 sudah tinggal 1 bulan lagi. Sudah sampai mana target penjualanmu?

Perayaan akhir tahun ibarat pagelaran diskon besar-besaran bagi konsumen. Berbagai hari penting berada di akhir tahun, seperti Harbolnas, Natal, Tahun Baru, dan lain-lain. Untuk menyemarakkan hari-hari tersebut, para entrepreneur berlomba-lomba mempersiapkan banyak hal untuk menyambut akhir tahun. Lalu, apa nih yang sudah #SellerCerdik siapkan?

Langkah paling awal yang perlu #SellerCerdik lakukan adalah melakukan riset pasar sebelum benar-benar turun menjalankan rencana penjualan akhir tahun. Kamu bisa mulai memperhatikan tren-tren apa saja yang sedang viral di Indonesia. Selain itu, kamu juga harus memiliki strategi promosi yang efektif untuk meningkatkan penjualan akhir tahun.

Berikut strategi promosi akhir tahun yang dapat kamu gunakan.

1. Optimalkan eCommerce-mu dengan Mobile Device-Friendly

Masyarakat Indonesia kini sudah mulai beralih berbelanja online untuk setiap keperluan sehari-hari. Mulai dari kebutuhan fashion hingga kebutuhan dapur semua bisa didapatkan dengan cepat hanya menggunakan smartphone.

Dengan terus berlimpahnya pasar eCommerce di Indonesia, #SellerCerdik harus memanfaatkan momen ini untuk mengoptimalkan eCommerce milikmu sehingga kamu dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Hal ini juga dapat kamu manfaatkan untuk promosi penjualan akhir tahun.


2. Pilih Digital Channel yang Tepat

Kamu bisa melakukan kampanye iklan mengenai produk yang ingin kamu tawarkan secara online untuk meningkatkan brand awareness sekaligus mendulang potential buyer. Ada banyak platform yang dapat kamu gunakan untuk promosi akhir tahun, seperti email marketing, Google AdSense, social media contohnya Twitter, Facebook, Pinterest, Instagram, dan lain-lain hingga melalui content marketing via soft selling.

3. Berikan Promo Menarik

Tidak ada satu orangpun yang tidak suka promo. Begitu pula diskon-diskon event besar saat liburan akhir tahun. Untuk meningkatkan penjualan akhir tahun, #SellerCerdik dapat memberikan diskon yang sesuai sebagai pilihan promosi yang efektif.

Meskipun harga jual menurun, tetapi volume penjualan produk akan meningkat. Volume penjualan yang lebih meningkat dengan menggunakan cara diskon tetap akan meningkatkan keuntungan.

Diskon dapat dilakukan bersama dengan kampanye iklan promosi. Kamu dapat mengoptimalkan semua eCommerce milikmu untuk menyampaikan informasi mengenai diskon akhir tahun yang akan tokomu buat.

4. Buatlah Event Akhir Tahun

Walaupun sudah sering dilakukan dan termasuk cara paling klasik, membuat event akhir tahun tetaplah strategi penjualan yang efektif. Akhir tahun dengan segala acaranya, membuat masyarakat tetap akan melakukan berbagai transaksi sehingga cara ini masih ampuh dalam mengatasi penjualan.

Tidak hanya sebagai sarana penyelenggaraan promo, event akhir tahun juga merupakan kegiatan yang efektif dalam membangun ikatan emosional antara brand-mu dengan pembeli.

Kamu harus melakukan event akhir tahun dengan terencana. Konsepnya harus disesuaikan dengan target pasar karena keberhasilan event akhir tahun didukung dengan perencanaan yang matang.

Berikut ini Tips Strategi Promosi di Event Akhir Tahun Terbaik versi STORE2GO


5. Percayakan Strategi Penjualan Akhir Tahunmu bersama STORE2GO

Mengoptimasi eCommerce pada mobile device merupakan salah satu strategi yang dapat meningkatkan penjualan secara signifikan. Jika #SellerCerdik sudah menggunakan toko online untuk bisnismu, kamu disarankan untuk membuat toko online yang kompatibel bagi perangkat mobile sehingga konsumen dapat mengakses *website-*mu dari manapun dan kapanpun.

Namun, jika kamu belum memiliki toko online yang mumpuni, kamu bisa mengandalkan Omnichannel Platform terpercaya seperti STORE2GO. Fitur Social Commerce dari STORE2GO dapat memberikan toko online dengan instan untuk bisnismu. Kamu akan mendapatkan toko online yang sudah terintegrasi secara otomatis dengan sistem pembayaran dan pengiriman.

Kamu juga dapat melakukan sinkronisasi produk, pesanan, dan stok secara real-time di berbagai marketplace tokomu dalam satu dashboard dengan fitur Integrasi Marketplace dari STORE2GO. Dengan fitur ini, #SellerCerdik dapat dimudahkan dalam mengelola toko secara akurat dan efisien.

Selain itu, #SellerCerdik yang kebingungan mengenai keterbatasan tempat penyimpanan bagi bisnismu, kamu dapat mempercayakan fitur eCommerce Fulfilment dari STORE2GO. Tidak hanya menyimpan produk, STORE2GO juga memastikan kelancaran proses pemesanan, pengemasan, hingga pengiriman.

Bersama STORE2GO, capai target akhir tahunmu dengan strategi marketing ulung untuk target penjualan penuh untung!