News

Tokopedia vs Shopee: Perbandingan Raja eCommerce di Indonesia

Berbicara mengenai Tokopedia dan Shopee erat kaitannya dengan eCommerce atau perdagangan elektronik. Kita mengenal kedua platform eCommerce tersebut sebagai raksasa teknologi yang telah membantu menciptakan banyak peluang ekonomi baru untuk seluruh UMKM yang ada di Indonesia. Tapi, pada artikel kali ini kita akan menganalisis lebih lengkap tentang perbandingan berjualan di Tokopedia dan Shopee.

Di Indonesia, Tokopedia dan Shopee adalah raksasa teknologi platform eCommerce yang bersaing apple to apple. Keduanya selalu bergantian dalam menempati posisi pertama kapitalisasi pasar terbesar dan pengunjung web terbanyak. Dilansir dari katadata, jumlah pengunjung website Tokopedia adalah sebesar 158,3 juta per bulan per data kuartal II 2022. Jumlah ini lebih unggul dibandingkan data pengunjung website Shopee sebesar 131,3 juta.

Data ini didukung dengan data dari Think with Google APAC yang menyatakan bahwa pertumbuhan pengguna internet di Indonesia per tahun 2022 ini mencapai 190 juta. Penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai lebih dari 70% populasi Indonesia, dan ini merupakan momentum yang baik untuk raksasa teknologi dalam mendapatkan data serta insight untuk keperluan bisnis mereka. Selain itu, seller atau pengusaha yang berbisnis online juga bisa menikmati momentum ini untuk mendapatkan keuntungan yang masif di era digitalisasi seperti sekarang ini.

Tokopedia vs Shopee: Biaya Admin yang Ditanggung Penjual

Di bawah Ini adalah tabel perbandingan antara Tokopedia dan Shopee. Bisa kita lihat sendiri bahwa biaya admin Tokopedia jauh lebih rendah dibandingkan dengan biaya admin Shopee.