News

Tips Sukses Jualan Online di Tanggal Cantik

Pernah merasakan repotnya mempersiapkan penjualan di tanggal cantik? Atau Kamu ingin merasakan jualan laris-manis di tanggal cantik? Semuanya bisa banget Kamu dapatkan. Yuk cari tahu tips sukses jualan di tanggal cantik berikut ini:

Sejarah Diskon di Tanggal Cantik

Jauh sebelum budaya belanja online mulai marak, mungkin Kamu merasakan masa dimana ada diskon besar-besaran oleh pusat perbelanjaan. Coba ingat atau tanya orang tua, pada tahun 1990 hingga 2000-an, banyak diskon menjelang Ramadan dan juga Natal untuk produk fashion. Beberapa diskon mungkin juga tersedia menjelang hari Valentine, Imlek ataupun HUT RI.

Diskon menjelang hari raya lebih dulu terjadi di Amerika, yaitu hari Thanks giving yang dirayakan setiap hari Kamis minggu ke-4 di bulan November dan hari Black Friday yang dirayakan sehari setelah hari raya Thanks giving. Perayaan Thanksgiving melambangkan rasa syukur untuk memulai musim Natal dan Black Friday yang menjadi hari diskon besar-besaran.

Menurut CNN Money, Black Friday pertama dimulai pada tahun 1950-an di Philadelphia. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan semua pembeli dari pinggiran kota yang berbondong-bondong ke Philadelphia pada hari-hari setelah Thanksgiving. Toko-toko di sekitar kota mempromosikan penjualan menjelang pertandingan yang diadakan oleh Angkatan Darat dan Angkatan Laut di akhir November.

Fenomena Psikologis Dibalik Diskon Besar-Besaran di Tanggal Cantik

Dengan berkembanganya teknologi digital, kehidupan manusia semakin lebih praktis, termasuk untuk berbelanja. Dengan berbelanja online, orang-orang cukup duduk santai di ruangan mereka, tidak perlu repot naik kendaraan dan harus membawa barang belanja yang cukup berat.

Terlebih konsep diskon besar-besaran juga mulai bergerak di toko online, maka banyak pengguna yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk berbelanja. #SellerCerdik bisa melakukan survey, berapa banyak konsumen Kamu yang menandai barang yang diinginkan sebagai wishlist dan melakukan checkout saat ada diskon tanggal cantik.

“Tapi kalau belanja online kan harus nunggu lama sampai barangnya nyampai…” “Kalau belanja nunggu tanggal cantik, berarti nunggu lagi dong?”

Yap, hal ini berkaitan dengan konsep psikologi yaitu “Delayed Gratification”. Kepuasan yang tertunda atau delayed gratification dapat dipahami dengan menunda mendapatkan hadiah yang kita inginkan dalam kurun waktu tertentu dan mendapatkan kepuasan yang jauh lebih besar setelah melewati masa penantian, ketika hadiah tersebut diterima. Dengan adanya masa menanti tersebut, hormon dopamin diproduksi lebih lagi, karena kita merasa senang, membayangkan apa yang terjadi dengan menggunakan produk yang dipesan tersebut.

Kesempatan #SellerCerdik untuk Berpartisipasi Pada Tanggal Cantik

Di Indonesia, banyak tanggal cantik dan kesempatan berpartisipasi dalam program diskon yang dapat #SellerCerdik ikuti. Mulai dari 8.8, 9.9, 10.10, 11.11 hingga puncaknya Hari Belanja Online Nasional 12.12, atau momen Idul Fitri, Kemerdekaan maupun Natal dan Tahun Baru. Agar #SobatCerdik dapat mengoptimalkan kesempatan ini pada bisnis online Kamu, gunakan tips berikut:

  1. Daftarkan toko di eCommerce yang Kamu ikuti dan juga produk-produk yang ingin Kamu jual dengan diskon besar-besaran;
  2. Perhitungkan harga jual, biaya ongkos kirim dan tenaga kerja yang diperlukan agar Kamu tetap mendapatkan untung;
  3. Siapkan materi promosi yang menyampaikan bahwa toko online Kamu akan berpartisipasi di program diskon tanggal cantik;
  4. Hubungi orang-orang yang follow toko Kamu atau yang pernah menjadi konsumen Kamu untuk menyampaikan promosi diskon Kamu;
  5. Persiapkan diri Kamu, mulai dari gudang penyimpanan produk maupun ketelitian untuk mencatat pemesanan.

Agar memudahkan #SellerCerdik dalam menyiapkan diri di tanggal cantik yang pastinya banjir orderan, Kamu dapat menggunakan STORE2GO, Omnichannel Platform yang handal. Dengan fitur eCommerce Fulfillment dari STORE2GO, seluruh proses dari pemesanan, pengemasan sampai pengiriman tentu akan berjalan dengan lancar. Begitupun dengan fitur Marketplace Integration, semua pesanan yang masuk dari berbagai channel penjualan mulai dari terima pesanan, proses pesanan, hingga produk siap untuk dikirim dapat dipantau dalam satu dashboard STORE2GO.

Siapkan diri Kamu untuk membuat strategi cerdik di tanggal cantik. Dengan menggunakan STORE2GO #SoellerCerdik tentu #BukanCumaJualan, tetapi juga sukses!