Mendengar kata Harbolnas pasti kamu langsung terpikirkan belanja penuh promo. Perayaan di mana penjual memberikan promo bagi kepuasan pelangganya.
Buat sebagian besar online seller, Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas mungkin sudah tidak asing. Harbolnas yang diadakan pada setiap tanggal 12 Desember(12/12) merupakan sebuah perayaan besar tidak hanya bagi pembeli, tetapi juga bagi online seller.
Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya kapan pertama kali Harbolnas muncul? Apa tujuan awal diadakan Harbolnas? Lalu mengapa kemudian Harbolnas menjadi pelopor campaign belanja online yang terkenal dengan double digitnya seperti 10.10. 11.11 dan 12.12 tentu menjadikannya penting di sektor Marketplace dan bagi #Sellercerdik pastinya!
Dipelopori oleh enam eCommerce besar di Indonesia, pada saat tanggal cantik Harbolnas lahir, yaitu tanggal 12 Desember 2012 atau 12.12.12. Enam eCommerce tersebut termasuk ke dalam asosiasi eCommerce Indonesia atau IdEA, yaitu Lazada Indonesia, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka, serta Bukalapak. Tujuan awal digelarnya acara ini adalah untuk mengedukasi dan mendorong masyarakat Indonesia tentang mudahnya berbelanja via online. Namun, tahukah kamu bahwa perayaan Harbolnas bahkan sudah diterapkan lebih dulu di beberapa negara? Hal ini berkaitan dengan penetrasi platform belanja online di negara-negara tersebut, seperti Inggris, Jerman, Amerika, hingga Jepang yang memiliki Cyber Monday sebagai pesta belanja online yang juga terinspirasi dari perayaan Black Friday di Negeri Paman Sam.
Sejak diadakannya Harbolnas dari tahun 2012 hingga sekarang, perayaan ini selalu diramaikan dengan berbagai festival belanja yang ditawarkan. Dengan semakin meningkatnya transaksi eCommerce di Indonesia dan juga bertambahnya keberagaman Marketplace dengan berbagai segmen akan meramaikan lebih banyak lagi pembeli, tujuan awal dibentuknya Harbolnas tercapai. Terbukti masyarakat Indonesia kini sepenuhnya percaya dengan sistem transaksi online secara mudah dan aman.
Sebagai seorang Seller, event ini tentu merupakan hal yang tidak boleh kamu lewatkan, #SellerCerdik. Dikutip dari Bank Indonesia, terlihat adanya kenaikan transaksi e Commerce sejak tahun 2017 dengan catatan Rp42,2 triliun data hingga pada tahun 2022 ini mencapai Rp 227,8 triliun. Dengan peningkatan yang sangat pesat tersebut, #SellerCerdik harus memanfaatkan event ini sebagai salah satu ajang untuk melebarkan sayapmu lebih tinggi.
Berikut adalah beberapa hal yang harus #SellerCerdik persiapkan sebelum mengikuti ajang ini.
Jangan anggap remeh Harbolnas karena pada saat event tersebut segala hal menjadi dua kali lebih sibuk. Persiapkan berbagai hal mulai dari pra, hari-H, hingga pasca Harbolnas agar berjalan lancar. #SellerCerdik juga dapat menambah anggota tim dengan beberapa pegawai lepas sehingga tetap memberikan pelayanan yang terbaik dengan peningkatan pemesanan yang tinggi.
#SellerCerdik dapat memulai dengan mengelompokkan produk yang akan dijual dengan keadaan stok produkmu. Kamu dapat mengelompokkan produk yang membutuhkan peningkatan dalam penjualan, produk yang akan cocok dalam paket bundling, hingga produk-produk best seller. Ingat juga untuk memeriksa kondisi produk, pastikan tidak ada kecacatan sebelum melakukan pengiriman. Dengan menyiapkan secara menyeluruh kelengkapan dan kesempurnaan produkmu, kamu akan mendapatkan kepercayaan dari konsumen untuk pembelian ulang di masa depan.
Kamu harus menghitung perkiraan keuntungan yang akan kamu dapat sehingga kamu dapat menyusun berbagai strategi penjualan. #SellerCerdik dapat membuat strategi bundling dengan menyatukan produk best seller dengan produk yang kurang diminati. Kamu juga dapat memberikan porsi diskon yang lebih besar pada produk yang masih membutuhkan peningkatan penjualan. Sebaliknya, kamu memberikan diskon yang lebih rendah untuk produk best sellermu.
Meski Harbolnas diadakan pada tanggal 12 Desember, kamu harus memulai promosi lebih dulu untuk memancing pembeli. Terapkan promosi untuk menyebarkan informasi secara luas agar pembeli mengetahui dan semakin familiar dengan produk-produk yang kamu jual. Kamu bisa melakukan promosi minimal satu bulan sebelum Harbolnas agar penyebaran informasi menjadi lebih menyeluruh. Lebih bagusnya bahkan kamu juga bisa meriahkan dengan campaign double digit mulai dari 10.10, 11.11 hingga puncaknya di Harbolnas 12.12, #SellerCerdik dapat mempromosikan beberapa produk dengan harga promo saat Harbolnas pada berbagai platform penjualan yang kamu miliki.
Harbolnas adalah event besar berskala nasional yang mungkin tidak dapat kamu handle sendiri, apalagi untuk #SellerCerdik yang masih memiliki sedikit pegawai. Kamu dapat melakukan kerja sama dengan menggaet key opinion leader (KOL) atau influencer untuk meningkatkan promosi seputar produk hingga promo yang akan kamu lakukan saat Harbolnas nanti. Kamu juga dapat bekerja sama dengan beberapa pihak, seperti lembaga keuangan, mitra pelaku bisnis online, agen distributor produk, dan Omnichannel Platform terpercaya.
Kerja sama dan kolaborasi bisa memudahkan #SellerCantik dalam me-manage proses transaksi hingga pengiriman sehingga event Harbolnas akan berjalan lancar. Kamu dapat memilih Omnichannel Platform terpercaya, seperti STORE2GO. STORE2GO memberikan fitur-fitur yang dapat membantumu dalam mengelola seluruh eCommerce-mu.
Dengan STORE2GO, kamu memiliki fitur integrasi marketplace proses sinkronisasi produk. Fitur ini membantu proses pemesanan hingga stok secara real-time akan dilakukan dalam satu dashboard. Fitur ini memudahkan #SellerCerdik dalam mengelola toko secara efektif, efisien, dan akurat.
Kamu juga tidak perlu khawatir dengan kendala kapasitas penyimpanan yang terbatas untuk menyambut Harbolnas. STORE2GO menyediakan layanan jasa fulfillment, manajemen penyimpanan barang yang aman dan terpercaya. Bagi #SellerCerdik yang tidak memiliki tempat untuk menyimpan stok produk Harbolnas, STORE2GO akan membantu memastikan kelancaran penyimpanan, pengemasan, dan pengiriman produkmu hingga sampai pada pelanggan. Gunakan STORE2GO sekarang untuk hadapi Harbolnas yang gemilang!